WELCOME...............!!!!

^_^ AINI PLANOLOGI'S BLOG ^_^
JAGALAH BUMI KITA DARI TANGAN-TANGAN MANUSIA TAK BERTANGGUNG JAWAB

Rabu, 10 Agustus 2011

KERJASAMA AMERIKA- MEKSIKO DALAM BIDANG PEREKONOMIAN

Suatu negara bisa dikatakan maju jika semua aspek bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakatnya. Salah satu negara maju yang hingga saat ini sangat disegani oleh negara-negara lain adalah Negara Amerika. Kemajuan negara ini terlihat dari keseimbangan politik, semakin meingkatnya tingkat perekonomian di dalam maupun luar negeri, kemajuan bidang sosial dan teknologi, serta kuatnya pertahanan keamanan amerika ditandai dengan kuatnya kemiliteran yang dimiliki amerika.
Amerika merupakan negara adidaya yang terdiri dari beberapa negara bagian. Negara ini dibatasi langsung oleh 2 negara tetangga, yaitu Kanada dan meksiko. Kerjasama yang dilakukan antar negara ini terdiri dari berbagai aspek. Namun, kerjasama yang menjadi prioritas utama antara Negara Amerika dan meksiko merupakan kerjasama dibidang perekonomian. Kerjasama perekonomian yang dilaksanakan oleh negara tersebut telah berlangsung sejak lama, namun lebih terarah dan terorganisir sejak dibentuk organisasi yang mengatur perdagangan bebas negara amerika utara yang disebut NAFTA.
NAFTA terbentuk sejak tanggal 12 Agustus tahun 1992 di Washington DC. Terbentuknya organisasi NAFTA memberikan kemudahan bagi negara pesertanya di bidang ekonomi, seperti dibebaskannya tarif bea masuk dari komoditi-komoditi tertentu sehingga ada perlakuan adil bagi penanaman modal asing yang menanamkan modalnya dimasing-masing peserta. Selain itu, kerjasama Amerika dan Meksiko yang diatur NAFTA adalah menghilangkan sebagian besar tarif, baik secara langsung atau selama 5,10,15 tahun. Nafta menghilangkan semua peraturan nontarif bagi perdagangan sektor pertanian antara Amerika dan Meksiko.
Berdasarkan 4 tipe perbatasan menurut O.J Martinez, dapat terlihat dari jenis kerjasama yang dilakukan Amerika-Meksiko dalam bidang perekonomian termasuk pada tipe perbatasan Interdependent Borderland. Tipe perbatasan ini ditandai dengan kerjasama antar antar dua negara melalui NAFTA yang raltif stabil. Kerjasama ini pula bermanfaat bagi penduduk perbatasan kedua belah pihak negara dalam bidang perekonomian. Keuntungan yang didapatkan amerika dalam kegiatan ini adalah terjaganya pasar meksiko bagi Amerika dalam produksi pangan. Hal ini menguntungkan bagi masyarakat meksiko karena dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, dan bagi amerika bisa menjaga kestabilan nilai eksport produksi pangan. Selain itu, meksiko juga mengekspor produksi pangan ke Amerika. Namun, ekspor yang dilakukan oleh meksiko ke Amerika jauh lebih sedikit dibandingkan Amerika ke Meksiko.
Kerjasama yang dilakukan oleh kedua belah negara ini rentan dengan terjadinya kesalahpahaman dan bisa menimbulkan permasalahn bilateral. Untuk menghindari berbagai prediksi buruk ini, maka diperlukan suatu kerjasama yang baik dan mengikuti peraturan atau perjanjian yang sudah ditetapkan. Proses kerjasama bidang perekonomian jika dijalankan dengan baik maka bisa mengatasi permasalahan lingkungan, permasalahan pangan, hak asasi manusia dan buruh serta konsekuensi ekonomi.
DAFTAR PUSTAKA

Krimawati, wawat. 2000. North America free trade agriment. Online. (http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=4&ved=0CDEQFjAD&url=http%3A%2F%2Fmembers.fortunecity.com%2Foeza1%2Fnafta.doc&ei=n_aTcy0GcbhrAe185D5BQ&usg=AFQjCNEECoPH8BjnCri7ETV6shNVV-JbOw), diakses tamnggal 19 Mei 2011
Mike, Sunnucks. 2010. U.S., 200 Mexico pledge increased border cooperation. Online. http://www.bizjournals.com/phoenix/stories/2009/06/15/daily16.html, diakses tanggal 20 mei 2011
NN. 2009.Online (http://www.bizjournals.com/phoenix/stories/2009/06/15/daily16.html ), diakses tamnggal 19 Mei 2011

1 komentar:

  1. Maaf... Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Biarlah Orang pada ngomong itu musrik hanya tuhan yg tau. mungkin ini salah satu jalan rejeki sy. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin

    BalasHapus

Powered By Blogger